Peluncuran kamera Canon Cinema EOS – langsung: ikuti berita yang terjadi

Peluncuran kamera Canon Cinema EOS – langsung: ikuti berita yang terjadi

Menyegarkan

Selamat datang di blog langsung peluncuran Canon Cinema EOS kami. Hanya ada setengah jam lagi hingga pertunjukan dimulai, tetapi kami akan membawa Anda melalui apa yang diharapkan.

Canon EOS 5D Mark II

(Kredit gambar: Masa Depan)

Pertama, primer cepat pada jajaran Cinema EOS Canon. Jajaran video raksasa kamera ini benar-benar dimulai pada tahun 2008 dengan Canon EOS 5D Mark II – ini mungkin adalah DSLR, tetapi ini adalah model full-frame pertama yang dapat merekam video 1080p.

Itu berarti diadopsi oleh pembuat film yang menikmati tampilan sensor full-frame-nya, dari kamera yang relatif kecil dan murah menurut standar kamera video pro. Anda dapat melihat bidikan 5D Mark II kami di atas (ya, kami telah meninjau kamera selama itu).

Canon EOS C70

(Kredit gambar: Canon)

Beberapa tahun setelah Canon EOS 5D Mark II mendarat, kamera Canon Cinema EOS resmi pertama diluncurkan – Cinema EOS 300. Kamera tersebut menampilkan sensor oversampling 8,3MP, dan memulai rangkaian yang akhirnya menghasilkan Canon EOS C70 tahun lalu ( di atas).

EOS C70 sangat menarik karena ini adalah kamera Canon Cinema pertama yang menampilkan dudukan RF – dudukan yang sama seperti yang terdapat pada kamera full-frame konsumennya, seperti Canon EOS R5. Sama seperti Sony, garis antara Bioskop dan fotografi kabur – dan itu mungkin memberi kita petunjuk tentang apa yang diharapkan hari ini.

Jika Anda tidak mengetahui cara menonton streaming langsung Canon, yang sekarang hanya berjarak sepuluh menit, kami telah menyematkannya di atas. Anda juga dapat menyetelnya dengan mengunjungi saluran YouTube resmi Canon (terbuka di tab baru).

Namun, ada baiknya bertahan di sini, karena kami akan memberikan pemikiran dan analisis kami saat peluncuran terjadi – dan siapa tahu, mungkin akan mengejutkan kami dengan penampilan tamu Michael Bay.

Saat itu, hanya satu menit menuju kick off – pertanyaan besarnya adalah apakah kita akan melihat lebih dari satu pengumuman besar dari Canon atau tidak? Beberapa lensa RF rasa Cinema telah dikabarkan untuk sementara waktu, jadi mungkin mereka akan tiba bersamaan dengan kamera baru Canon. Ayo cari tahu.

Kamera Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Canon EOS R5 C ada di sini. Canon mengatakan itu dirancang untuk “penembak hybrid yang terutama merekam konten video”, berbeda dengan Canon EOS R5, yang lebih ditujukan untuk fotografer hybrid.

Ini memiliki sensor CMOS full-frame (sama dengan yang ada di EOS R5) dan dirancang untuk memotret pernikahan, musik, dan bahkan VR (dengan lensa mata ikan baru Canon). Ini adalah “kamera Cinema kami yang terkecil dan teringan”, kata Canon.

Kipas pendingin Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Seperti EOS R5, EOS R5 C dapat merekam video mentah 8K/30p secara internal – cukup mengesankan untuk kamera sekecil itu. Namun perbedaannya, EOS R5 C memiliki kipas pendingin aktif (sehingga terlihat lebih gemuk), yang berarti tidak ada batas panas berlebih. Hore!

Memotret 8K DCI dengan kedalaman warna 12-bit hingga 30 bingkai per detik – dan jika Anda menghubungkannya ke catu daya eksternal, Anda bahkan dapat merekam 8K/60p. Ada yang punya memory card cadangan 2TB?

Layar belakang Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Anda tidak perlu mengambil gambar 8K untuk membenarkan mendapatkan EOS R5 C – mode video 4K dan Full HD-nya oversampled dari 8K. Seperti yang dikatakan Canon, ini harus “memberikan kejernihan luar biasa dengan noise rendah”.

Mode slo-mo terdengar mengesankan juga – Anda dapat merekam video 4K/120p dengan audio, jadi tidak perlu membuat rekaman terpisah untuk itu. Anda juga mendapatkan teknologi Dual Pixel CMOS AF dan EOS iTR AF X, yang merupakan teknologi pelacakan yang sama yang terlihat pada Canon EOS 1D X Mark III.

Kamera Canon EOS R5 C dipasang pada drone

(Kredit gambar: Canon)

Menariknya, Canon membicarakan potensi udara EOS R5 C saat dipasang ke drone. Sulit untuk memastikan drone mana yang ditampilkan dalam videonya, tetapi tidak seperti Sony, Canon belum (belum) membuat drone sendiri.

Tetap saja, pembicaraan tentang fotografi udara dan videografi jelas merupakan upaya untuk melawan kemajuan mengesankan Sony dengan platform Airpeak-nya, yang dibuat khusus untuk bekerja dengan kamera mirrorless full-frame seperti Sony A7S III.

Sakelar foto/video di bagian atas kamera Canon EOS R5 C.

(Kredit gambar: Canon)

Canon EOS R5 C telah banyak diperkenalkan sebagai kamera Cinema, sejauh ini – tetapi Canon juga membicarakan tentang kekuatan gambar diam 45MP dan kekuatan kecepatan burst 20fps dan fokus otomatis, yang akan sama dengan EOS R5.

Ada juga tombol ‘foto/video’ yang menarik di pelat atas dan Canon mengatakan bahwa “desain yang familiar dan ergonomis dari EOS R5 dan EOS R6 telah terbukti sangat populer di kalangan penembak hybrid”. EOS R5 C melihat desain ini “berevolusi untuk melayani pembuatan video” dan merupakan “kamera EOS sinema terkecil dan teringan kami”.

Kami tertarik untuk melihat bagaimana rasa ekstra dari kipas pendingin di tangan.

Sepatu aksesori Multi-Fungsi Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Ah, itu satu hal yang membuat kami penasaran – EOS R5 C mendapatkan sepatu aksesori Multi-Fungsi, yang pertama kali terlihat pada Canon EOS R3.

Itu adalah bonus yang cukup besar dibandingkan Canon EOS R5 dan berarti dapat memberi daya pada mikrofon stereo dan shotgun tanpa ada kabel yang mengganggu.

Canon EOS R5 C duduk di antara berbagai lensa

(Kredit gambar: Canon)

Sekarang pembicaraan penting tentang lensa – sepertinya Canon tidak mengumumkan lensa RF baru yang berfokus pada Cinema, yang sedikit memalukan. Sebaliknya, ini berbicara tentang kemampuan untuk mengadaptasi lensa EF Cinema yang ada menggunakan adaptor EF-EOS R.

Beberapa RF-mount yang setara dengan lensa EF tersebut telah dikabarkan cukup lama, tetapi RF-mount tentu saja memiliki beberapa opsi video yang sangat baik dengan fokus yang tidak diklik dan cincin kontrol, yang penting untuk mengubah pengaturan Anda secara diam-diam.

Peluncuran EOS R5 C pasti akan melihat lebih banyak lensa bergaya Cinema diluncurkan dalam waktu dekat.

Seorang pria menggergaji sesuatu di bangku kayu

(Kredit gambar: Canon)

Inilah detail yang menarik – Canon mengatakan EOS R5 C memiliki “IS elektronik 5-sumbu canggih”, tetapi tidak disebutkan tentang stabilisasi gambar dalam tubuh (IBIS), yang secara mekanis menstabilkan sensor.

Kelalaian yang kontroversial? EOS R5 memiliki IBIS dan merupakan alat yang sangat berguna untuk fotografi. Namun secara realistis, penembak video pro akan selalu menggunakan stabilisasi superior mereka sendiri (seperti gimbal atau monopod) dibandingkan IBIS. Dan IBIS bahkan bisa menjadi kerugian, memperkenalkan efek goyangan pada video – sehingga tidak akan menjadi kerugian besar bagi audiens yang dituju EOS R5 C.

Tiga kamera Canon EOS Cinema duduk di kotak penerbangan

(Kredit gambar: Canon)

Dan seolah-olah untuk mempertahankan kekurangan IBIS, Canon juga menyebutkan bahwa kamera Cinema yang ada – C500 Mark II, C300 Mark III dan EOS C70 – semuanya menggunakan ‘IS elektronik 5-sumbu canggih’ yang sama seperti yang akan Anda temukan di EOS R5 C.

Canon mengatakan ini “berfungsi mulus bersama lensa stabil dan non-stabil” saat memotret dengan tangan, atau saat kamera tidak dipasang pada tripod, gimbal, atau drone. Namun secara realistis, EOS R5 C akan menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di dalam atau pada salah satu dari ketiga hal tersebut.

Slot kartu Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Karena EOS R5 C dibuat dengan sasis yang sama dengan EOS R5, ia memiliki slot kartu yang sama – satu untuk kartu CFexpress yang cepat (dan mahal), dan satu lagi untuk kartu SD UHS-II yang lebih standar.

Anda memerlukan kartu CFexpress yang besar untuk merekam rekaman 8K, tetapi slot kartu SD tidak dapat menelan data semacam itu. Canon mengatakan EOS R5 C menyediakan “opsi perekaman simultan yang canggih” untuk menyimpan berbagai resolusi, format, dan kedalaman bit pada setiap kartu. Tetapi Anda mungkin harus hidup tanpa cadangan beresolusi penuh jika Anda memotret dalam 8K.

Seorang pemain ukulele berdiri di luar di depan semak

(Kredit gambar: Canon)

Seorang pemain ukulele yang sangat antusias siap untuk mendemonstrasikan keunggulan fitur Dual Base ISO baru EOS R5 C (yang pertama untuk Canon), yang “memungkinkan peningkatan sensitivitas dan noise minimal saat memotret di lingkungan dengan cahaya redup”.

Ini bisa menjadi fitur yang sangat berguna – ini berbeda dari keluaran Dual Gain Canon EOS C70, alih-alih membiarkan EOS R5 C memotret secara native pada dua nilai ISO yang berbeda, tergantung pada format mana Anda memotret. Tetapi jika Anda secara teratur memotret, misalnya ISO 1600 atau ISO 3200, bisa bonus di atas EOS R5.

Perbandingan antara mode video dan foto Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Dan itu cukup banyak dari pengumuman Canon EOS R5 C. Raksasa kamera mengatakan kamera “menggabungkan dunia Cinema EOS dan sistem EOS R menjadi satu”, dan sulit untuk tidak setuju.

Pemotretan praktis di atas secara khusus menunjukkan bagaimana tampilan EOS R5 C dalam mode foto dan mode video, meskipun tidak biasa melihat gambar yang digambarkan secara kaku. Namun, prospek untuk memiliki dua kamera dalam satu kamera, baik dari jajaran Cinema EOS dan EOS R, akan menggoda bagi para pembuat video pro, meskipun hal itu disertai dengan beberapa batasan praktis.

Kamera Canon EOS R5 C dikelilingi oleh lensa

(Kredit gambar: Canon)

Oh, dan bagaimana dengan harga? Canon lalai menyebutkannya dalam pengumumannya, tetapi kami secara terpisah menemukan bahwa itu akan tersedia pada bulan Maret seharga $4.499 / £4.499 / AU$7.499.

Itu sebenarnya harga yang cukup bagus untuk penawaran bagaimana jika, menempatkannya di antara Canon EOS R5 dan Canon EOS C70. Ini sedikit lebih mahal daripada Sony FX3, yang tidak memiliki kekuatan video 8K tetapi harganya $ 3.899 / £ 4.200.

Namun, satu hal yang pasti – jika Anda memerlukan kamera hybrid kecil dan bertenaga yang mengutamakan video level pro, tidak pernah ada pilihan sebanyak sekarang.

Dengan berakhirnya pengumuman Canon EOS R5 C, Canon telah mengeluarkan beberapa video promo untuk memberi kita gambaran yang lebih baik tentang bagaimana rasanya di lapangan.

Kevin Clerc, seorang pembuat film dan pilot drone profesional Prancis, telah menjadi salah satu dari sedikit orang yang merekam dengan R5 C, dan dalam video di atas mengatakan bahwa salah satu yang menarik adalah “benar-benar terasa seperti dua kamera”.

Itu berarti alat praktis seperti bentuk gelombang dalam mode video, berlawanan dengan histogram bergaya foto. Pendekatan itu dapat membagi pendapat, tetapi para pembuat film pro pasti akan lebih memilihnya daripada EOS R5.

Tampilan dekat kamera Canon EOS R5 C

(Kredit gambar: Canon)

Jadi apa pemikiran awal kami tentang Canon EOS R5 C? Kami belum bisa mendapatkannya, tetapi ini jelas merupakan perpaduan yang menarik dari kamera Cinema EOS dan EOS R.

Atau mungkin ‘campuran’ bukanlah kata yang tepat – ini lebih seperti dua kamera yang disatukan, dengan opsi untuk menggunakan dua antarmuka dan rangkaian fitur yang sama sekali berbeda, baik Anda dalam mode foto atau video.

Itu adalah pendekatan yang berbeda dengan Sony A1, tetapi kami menantikan untuk melihat seberapa baik kerjanya dalam praktik. Tentu saja, gagasan untuk mendapatkan pengalaman Cinema EOS yang ‘murni’ pada kamera mirrorless kecil, bukan kamera sentris foto yang dikompromikan, akan menarik bagi para pembuat film. Fotografer masih akan lebih baik dengan EOS R5.

Jika ada, EOS R5 C menegaskan bahwa tidak mungkin membuat satu kamera menguasai semuanya – sebagai gantinya, Anda dapat memilih antara fitur foto-sentris (seperti stabilisasi gambar dalam tubuh) pada EOS R5, atau Anda’ akan menggunakan pendinginan aktif EOS R5 C.

Untuk ikhtisar lengkap tentang pemikiran awal kami tentang EOS R5 C, lihat berita kami tentang Canon EOS R5 C – dan mudah-mudahan kami akan segera menyampaikan pemikiran praktis kami kepada Anda.

Kamera Canon EOS R5 C dengan latar belakang abu-abu

(Kredit gambar: Canon)

Kami telah merenungkan peluncuran besar Canon EOS R5 C kemarin – dan meskipun ini adalah kamera hybrid yang kuat, kami tetap yakin bahwa masih ada ruang untuk flagship Canon EOS R1 (mungkin akhir tahun ini, jika rumornya benar).

Hibrida baru Canon sedang dibentuk untuk menjadi alternatif yang bagus untuk EOS C70 bagi pembuat film, tetapi inilah pemikiran kami tentang mengapa Canon EOS R5 C meninggalkan celah yang nyaman untuk Canon EOS R1 andalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *